naruto

Wednesday, 25 February 2015

SHOLAT QOLBU bagian 1

“SHOLAT QOLBU” by Arik


SHOLAT QOLBU ; Sholat  yang dilakukan dengan sepenuh pemahaman & penghayatan dari lubuk hati yang paling dalam, sehingga hati / bathin kita bisa benar – benar merasakan kalau kita sedang menghadap & berkomunikasi langsung dengan Sang Pencipta. Sudah kita ketahui bersama bahwa orang yang dalam keadaan mabuk dilarang mengerjakan sholat, hal ini dikarenakan alam pikiran orang tersebut (kurang / bahkan bisa tidak sadar sama sekali) sehingga dia tidak akan bisa mengerti arti dari setiap kata yang telah diucapkannya. Hal ini bisa juga digunakan  untuk menjelaskan kenapa orang yang telah menjalankan ibadah sholat (meskipun sholatnya sudah dilakukan selama berpuluh – puluh tahun lamanya akan tetapi jika orang tersebut tidak mengetahui / mengerti maksud dari bacaan di dalam sholat) maka sholatnya juga tidak akan bermanfaat / berdampak bagi perubahan hidupnya. Demikian juga dengan orang yang telah menjalankan ibadah sholat dengan terburu – buru, yang akhirnya selama menjalani hidup mereka tetap saja merasakan kesusahan & kesulitan hidup yang terus menerus dan berkepanjangan. Padahal Nabi Muhammad S.A.W telah memberikan petunjuk kepada kita bahwa jalan keluar / solusi dari segala permasalahan yang ada, yang kian majemuk ini adalah SHOLAT.
Maka dari itu agar SHOLAT kita bisa benar – benar berguna & bermanfa’at / berdampak  bagi perubahan hidup ke arah yang jauh lebih baik, maka kita harus benar – benar mengerti & menghayati arti dari setiap bacaan di dalam sholat. Dan untuk bisa mencapai kekhusyukan di dalam sholat, maka setelah kita selesai membaca setiap ayat (dalam Bahasa Arab) harus segera di lanjutkan dengan (bertafakur / merenungi / mengartikannya di dalam Bahasa Indonesia) tentang apa – apa yang sudah kita ucapkan dengan hati yang paling dalam, sampai hati / bathin kita bisa benar – benar
merasakan apakah sekiranya segala; Pengabdian, Penyembahan & Permohonan yang kita ajukan ke Sang Pencipta sudah sampai apa belum? Dan perlu diketahui juga bahwa dalam mengerjakan sholat tidak boleh dilakukan dengan terburu – buru karena bila dilakukan dengan terburu - buru sama saja dengan kita tidak perduli apakah segala hal yang telah kita ajukan ke Sang Pencipta akan dikabulkan atau tidak?

Untuk itu maka agar ibadah sholat yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi perubahan hidup ke arah yang jauh lebih baik (dunia & akhirat) maka marilah kita secara bersama – sama melakukan pemahaman & penghayatan dari lubuk hati yang paling dalam tentang baca’anayat – ayat di dalam  sholat.


No comments:

Post a Comment